Wisata River Tubing dan Perlengkapan/Peralatan yang dibutuhkan

Kenalan dulu yuk sama salah satu olahraga arung jeram yang tak kalah mengasyikan dari rafting. Walaupun sama-sama termasuk olahraga air yang dilakukan pada arus deras namun rafting dan wisata river tubing sangatlah berbeda. Telah kita ketahui bahwa rafting merupakan kegiatan olahraga air yang menantang dan seru untuk mengarungi sungai dengan sebuah perahu dan dilakukan bersama-sama atau membentuk suatu tim (5-7 orang).

River Tubing

Nah sedangkan river tubing merupakan kegiatan mengarungi sungai yang dilakukan perseorangan menggunakan media ban. River tubing tak kalah menantang dan seru dari rafting, melalui river tubing kamu lebih dapat merasakan keseruan mengarungi sungai sendiri. Medan sungai yang dilalui juga lebih sempit, biasanya dilakukan di sungai aliran irigasi, sungai-sungai kecil, ataupun sungai dalam goa.

Dalam river tubing, kita hanya perlu menghanyutkan diri mengikuti arus menggunakan sebuah ban yang telah dimodifikasi dengan kenyamanan dan keselataman penggunanya dan dilengkapi peralatan keselamatan penunjang lainnya.

River tubing diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990 bertempat di Sungai Alas, Aceh dan di sungai inilah sudah terlebih dahulu menjadi tempat berkembangnya olahraga rafting yang dilakukan oleh beberapa kelompok pecinta alam. Dan kini, kita dapat menemukan kegiatan river tubing di berbagai wilayah di Indonesia, Cave tubing Goa Pindul (Yogyakarta), River tubing Pusur (Klaten), Mangu River tubing (Magelang), Bali Tubing Ubud (Bali), Cikadongdong River tubing (Majalengka), dll.

Wisata river tubing berkembang lebih pesat dibandingkan rafting. Hal ini dikarenakan investasi usaha ini lebih murah dan peminatnya juga lumayan. Jika rafting memerlukan biaya yang banyak untuk peralatannya seperti perahu karet, dayung, pelampung, dll yang bisa mencapai puluhan juta. Sedangkan untuk river tubing hanya memerlukan ban bekas truck, pelampung, helm dll. Sungainya pun lebih beragam, tergantung spot wisata yang diberikan.

Beberapa wisata river tubing menampilkan spot pedesaan dengan sawah-sawahnya, pemandangan alamnya, bebatuan yang indah, goa, dan lainnya. Tidak hanya bermanfaat untuk rekreasi namun juga edukasi. Sama halnya rafting, dalam wisata river tubing juga mewajibkan adanya pendamping professional(guide) demi menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan karena river tubing termasuk kegiatan yang memiliki resiko berbahaya juga.

Nah dari penjelasan sekilas mengenai river tubing ini, dengan begitu peralatan river tubing dan rafting sedikit berbeda. Apa aja sih perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan river tubing? Yuk simak penjelasannya…

Perlengkapan dan Peralatan River Tubing

jual perlengkapan river tubing
082307755033

1. Ban

Ban untuk kegiatan river tubing terdapat dua jenis, ban karet alami dan PVC (Polyvinil Chloride) atau karet sintesis. Ban karet ini biasanya menggunakan ban dalam karet kendaraan dengan ukuran berbeda-beda (700-1000). Untuk dapat menjadi sarana tubing, ban karet harus dilengkapi tali pegangan dan dudukan agar nyaman saat digunakan. Tali ini biasanya menggunakan tali yang kami buat dengan desain nyaman dan aman, yang nantinya akan di ikatkan pada ban karet sebagai dudukan.

Berbeda jika sungai tersebut mempunyai medan yang terdapat batuan tajam dan ranting-ranting pohon yang memungkinkan dapat mempercepat rusaknya ban maka diperlukan pelindung ban (cover ban tubing). Cover ban tubing yang digunakan harus tebal dan tahan terhadap batuan tajam, terbuat dari bahan pilihan. Cover tersebut dapat melindungi ban dan menghindari terjadinya gesekan batuan atau ranting sehingga ban tidak mudah bocor.

Sedangkan untuk ban PVC ini, sudah didesain dengan pegangan dan lebih awet dibandingkan dengan ban karet biasa. Harganya pun lumayan mahal, karena bahan ini juga sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat perahu karet rafting.

2. Pelampung

LIFE JACKET PRODUSEN PELAMPUNG INDONESIA
LIFE JACKET PRODUSEN PELAMPUNG INDONESIA

Sama halnya dengan rafting, tubing juga membutuhkan body protector sebagai pelindung tubuh saat di air dan demi menjamin keselamatan selama penyisiran sungai. Body protector dalam river tubing terdiri dari helm, pelampung, decker siku, dan decker lutut. Pelampung yang digunakan river tubing sama seperti rafting tinggal kebutuhannya untuk peserta atau guide/operator.

Pelampung yang biasa digunakan sebagai peserta river tubing menggunakan pelampung bahan berkualitas dan isi pelampung yang tebal. Dengan dilengkapi tambahan headrest sebagai penyangga dan pelindung kepala / leher, tali webbing, buckle sebagai pengait, dan adjustable sebagai pengencang agar menyesuaikan lingkar tubuh pengguna.

Harus dipastikan pelampung dalam kondisi yang baik tidak terdapat cacat dan kerusakan baik dari buckle, tali webbing, maupun adjustable. Dan diharapkan memilih pelampung sesuai ukuran badan kemudian berat badan disesuaikan dengan beban max daya apung si pelampung. Sebagai guide perlu menggunakan pelampung yang memudahkan untuk pergerakan agar tidak mengganggu saat melakukan penolongan.

3. Helm

Helm sebagai body protector bagian kepala agar terhindar dari berbagai benturan yang berbahaya. Helm river tubing sama dengan helm rafting, dengan desain helm yang terdapat lubang-lubang kecil sirkulasi air. Menggunakan bahan plastic yang kuat, elastic, tidak mudah pecah, sehingga tidak melukai pengguna ketika pecah saat berbenturan dengan batuan medan lapangan.

Helm ini juga dilengkapi dengan tali webbing, buckle pengait, dan adjustable. Dalam memilih helm, pastikan harus sesuai dengan ukuran kepala, tidak kebesaran juga kekencangan. Pastikan helm tidak terdapat kerusakan yang mebahayakan kepala saat pemakaian.

4. Decker pelindung

Decker pelindung ini digunakan untuk melindungi sendi dari berbagai benturan baik batu maupun kayu/ranting. Letak pelindung ini dibagian siku dan lutut karena bagian inilah yang memungkinkan terluka saat melakukan kegiatan river tubing. Untuk memilih decker yang baik adalah dengan bahan plastic/atom yang kuat dengan tambahan busa lembut dan tebal dan strap perekat.

5. Pakaian dan Alas kaki

Pakaian yang dipakai saat melakukan river tubing adalah pakaian dengan bahan yang mudah kering (quick dry) dan tidak mengganggu pergerakan, baik baju maupun celana menggunakan bahan yang quick dry. Kemudian alas kaki menggunakan sepatu khusus air atau sepatu sandal gunung.

Itulah perlengkapan yang dibutuhkan saat kita akan melakukan kegiatan river tubing yang hampir tak jauh berbeda dengan rafting. Perlengkapan diatas dapat ditemukan di toko kami dengan kualitas yang terjamin. Karena kami memproduksi sendiri segala perlengkapan watersport dengan tetap menomorsatukan keselamatan penggunanya.

P3K

Nah untuk perlengkapan P3K wajib dibawa oleh guide/operator dan disediakan pengelola wisata river tubing tersebut. Pengelola wisata juga harus meperhatikan pelayanan dalam wisatanya, tidak hanya kebutuhan peralatan penunjang, fasilitas, namun juga guide/operatornya.

River tubing harus memiliki guide/ operator yang mumpuni sebagai pelayanan wisata river tubing agar berjalan maksimal. Kemudian pengelola harus menyiapkan rescuer pada medan-medan sungai yang dirasa membahayakan dan mengancam terjadinya trouble.

Dengan demikian wisata river tubing yang disediakan dapat memberikan kesan yang asyik dan aman bagi pengunjung wisata tersebut. Dan bagi para peserta river tubing hendaklah selalu mematuhi aturan pengelolaan wisata dan mengikuti setiap intruksi dari guide/operator wisata dan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan diri.

Untuk info lanjut anda bisa hubungi admin via whatsapp di nomer >>082307755033

Kami menyediakan berbagai jenis perlengkapan river tubing, kami juga menyediakan jasa custom dengan penambahan logo, tulisan, dan warna sesuai keinginan dan kebutuhan instansi.

Happy Holiday and Stay Safety!!!

Jika ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan catatan komentar di sini

%d blogger menyukai ini: