Mengenal Wisata River Tubing dan Keamanan nya

Wisata River Tubing merupakan wisata olahraga air yang tidak berbeda jauh dengan Arung Jeram/Rafting, pada dasarnya River Tubing adalah wisata menghanyut dari hulu sungai ke hilir sungai, dengan perlengkapan ban mobil fuso kemudian mengikuti arus sungai.

Namun setelah perkembangan di indonesia, maka olahraga ini di sajikan dengan berbagai medan, jadi bukan hanya sungai yang di jadikan alternatif medan, tapi beberapa medan yang lebih menarik untuk kegiatan River Tubing. Banyak medan yang di gunakan, seperti pada aliran irigasi, aliran sungaai di dalam goa, dan medan air menarik lainnya.

Sejarah Munculnya Wisata River Tubing

River Tubing tidak pernah lepas dari olahraga arung jeram, pada era tahun 1990-an, di mana arung jeram mulai di kenal oleh masyarakat indonesia, terutama di Aceh.

River Tubing juga sudah di kenal oleh masyarakat Aceh pada saat itu, Karena di Aceh merupakan asal muala berkembangnya wisata arung jeram di indonesia pada tahun 1990-an.

Keamanan Dalam Melakukan Kegiatan River Tubing

Wisata River Tubing memang tidak terlepas dari berbagai macam bahaya, atau hal yang mengancam keselamatan seseorang pada saat di lapangan.

Namun dengan perkembangan saat ini, maka bahaya itu bisa di antisipasi, walaupun penikmat wisata ini harus tetap waspada dan tentunya selalu berhati-hati.

Dalam melakukan Wisata River Tubing, tentunya perlu menggunakan berbagai macam peralatan dan perlengkapan, untuk menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam bahaya, yang ada di sekitar medan lapangan.

Karena medan yang di gunakan, terbilang lumayan ekstrime dan tidak terlepas dari berbagai macam jenis bahayanya, tergantung medan yang di gunakan.

Maka dari itu, untuk melakukan River Tubing, perlu menggunakan perlengkapan dan peralatan sebagai berikut:

Ban River Tubing

Ban River Tubing

Untuk melakukan Wisata River Tubing, tentunya membutuhkan Ban River Tubing, di mana alat yang berfungsi untuk membawa seseorang, mengikuti aliran arus sungai.

Orang yang menumpanginya akan mengapung dan mengikuti aliran sungai. Kemudian pada bagian ban river tubing, biasanya terdapat dudukan dan loop pegangan yang menempel pada ban, sehingga pengguna bisa berpegangan dan duduk di bagian tengahnya.

Helm River Tubing

Pada dasarnya helm yang di gunakan, tidak jauh berbeda dengan helm arung jeram, bahkan sama persis juga lebih baik.

Pada wisata river tubing, fungsi utama dari helm adalah menjaga kepala pengguna sebagai tameng atau pelindung kepala, saat berbenturan dengan benda keras yang terdapat pada medan, seperti bebatuan, kayu, karang, dll

Life Jacket / Pelampung

Untuk pelampung yang di gunakan pada wisata river tubing, pada dasarnya sama dengan yang di gunakan untuk Arung Jeram, namun lebih di rekomendasikan untuk menggunakan pelampung yang type rekreasi.

Lebih bagus gunakan pelamung yang memiliki bagian-bagian pelindung, pada area sensitif dan memiliki resiko kontak langsung dengan medan yang di gunakan.

Untuk pelampung yang cocok di gunakan adalah pelampung yang memiliki bagian Headrest(bantalan kepala) atau pelindung kepala, karena dalam hal ini sangat di perlukan saat melakukan penyusuran sungai.

Secara fungsional, jika seseorang melakukan olahraga ini, otomatis terlentang menghadap ke atas depan, maka fungsi bantalan pelampung adalah sebagai pelindung kepala belakang, ketika melakukan kegiatan tersebut.

Decker Pelindung Siku dan Lutut

Pada fungsinya tentu tidak jauh dengan olahraga yang beresiko benturan pada siku dan lutut lainnya, pada wisata river tubing juga di butuhkan pelengkapan ini

Kegunaanta untuk menjaga siku dan lutut dari benturan benda keras dan yang mengakibatkan cidera.

Sepatu / Alas Kaki

Wisata River Tubing tentu membutuhkan pelindung kaki, agar tidak terluka atau cidera saat di lapangan, maka dari itu di butuhkan alas kaki seperti sendal/sepatu.

Selain sebagai pelindung dari benturan, sandal atau sepatu juga berfungsi sebagai tolakan, ketika berbenturan dengan apa yang di tabraknya.

Jadi gunakanlah sandal atau sepatu yang sulit terlepas, dan melindungi bagian-bagian kaki yang sesitif.

Perlengkapan atau Alat Tambahan Pendukung

Cover Ban River Tubing

Cover Ban merupakan alat untuk melindungi ban yamh di gunakan, agar tidak mudah bocor akibat benturan dengan benda-benda tajam, yang terdapat pada medan yang di gunakan.

Jadi cover tersebut secara fungsinya hanya untuk melindungi ban river tubing, tetapi di lain sisi, cover tubing juga sebagai alat mempercantik atau memperindah ban river tubing, agar terlihat lebih elegant.

Pada dasarnya cover ban ini, lebih di gemari oleh para operator-operator wisata river tubing dan tempat wisata lainnya, seperti kolam renang, karena akan menambah daya tarik dari wisatawan yang akan berkunjung ke tempat tersebut.

Bahan yang di gunakan juga beragam, ada yang terbuat dari bahan PVC, dan ada yang terbuat dari bahan kain cordura.

Tali Tubing

Tali tubing adalah alat yang di duduki oleh seseorang yang akan melakukan kegiatan penyusuran sungai, jadi nantinya akan di pasang dan di ikat pada ban yang di gunakan.

Biasanya pada samping kiri kanan tali tubing terdapat loop, guna untuk pegangan seseorang. Jadi dari sekian peralatan yang kami sampaikan, mungkin belum lengkap dan belum secara keseluruhan, karena untuk peralatan pendukung.

Biasanya setiap orang berbeda-beda, ya itu tergantung fungsi dan kemauan seseorang. Nah jika anda ada saran dan masukan silahkan di koment ya gays.

Jangan tanya alat-alat tersebut, bisa anda dapatkannya di mana…! tenang di sini kami memproduksi peralatan Wisata River Tubing, jadi anda tidak usah bingung…

Silahkan hubungi kontak 082307755033, maka anda akan mendapatkan perlengkapan tersebut. Untuk Pemesanan satuan silahkan kunjungi lapak kami di sini>>

Maturthankyou…..

Tag ,,

Jika ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan catatan komentar di sini

%d blogger menyukai ini: