Arung Jeram | Keamanan Dalam Berwisata Rafting

Arung Jeram, tentu tidak asing lagi kalian mendengarkan kalimat tersebut, Arung Jeram merupakan olahraga air yang sangat menguji adrenalin, dimana wisata ini sungguh menguji ketangguhan seseorang, sebab olahraga ini amat begitu berbahaya.

Arung jeram memang merupakan salah satu olahraga ekstrim yang berbahaya, akan tetapi berkat kemajuan teknologi dan kelas sungai yang berbeda-beda, arung jeram kini telah menjelma menjadi olahraga keluarga yang cukup mengasyikkan dan menantang.

Di indonesia, banyak operator yang menyediakan jasa guide untuk melakukan kegiatan olahraga adrenalin ini. karena selain menantang olahraga ini memang seru dan asik untuk di lakukan, makanya banyak yang menawarkan jasa Guide operator rafting di berbagai tempat di indonesia.

Sekarang, mari kita cari tahu lebih banyak tentang olahraga arung jeram termasuk bahayanya.

Setiap kegiatan yang beresiko tentu mengandung unsur Resiko, namun semua itu bisa kita hindari/antisipasi. Dengan mempersiapkan segala hal yang di perlukan hingga survei atau mencari tau tentang apa yang akan di lakukan. Mari kita pahami bahanyanya terlebih dahulu…

Bahaya Kegiatan Arung Jeram

1. Berenang

Dalam arung jeram sesungguhnya anda harus bisa berenang, karena berenang adalah salah satu cara untuk selamat ketika berada di air terutama sungai untuk arung jeream.

Namun jangan khawatir, walaupun anda tidak bisa berenang, itu bukan suatu permasalahan untuk tidak bisa melakukan arung jeram, tetapi itu poin plus ketika berarung jeram.

Kenapa bukan permasalahan, sebab di arung jeram harus mengutamakan keamanan atau safety first, yakni menggunakan perlengkapan khusus keamanan dan keselamatan serta perlengkapan pendukung untuk melakukan arung jeram.

2. Cuaca

Dalam prihal ini memang kita tidak bisa menduga akan cuaca yang akan datang. Namun perlu di ketahui, cuaca sangat berpengaruh di arung jeram dan lumayan beresiko, terutama hujan.

Walaupun dalam kondisi di air dan memang sudah basah tapi yang perlu di khawatirkan adalah debit air, sebab debit air di sungai, sungai untuk arung jeram sungguh tidak bisa di kira-kira kapan air naik dan turun dengan jumlah yang di tentukan. Makanya perlu survei atau cek di ramalan cuaca BMKG sebelum melakukan arung jeram.

3. Kondisi Tubuh

Tentu ini sangat riskan jika di abaikan, kondisi tubuh atau kesehatan tubuh itu sangat penting, buan hanya arung jeram, segala kegiatan yang beresiko hal tersebut merupakan yang utama.

khusus untuk kegiatan ini kita ketahui di sana anda akan bermain dengan air yang tidak tau dari mana asalnya, jika pertahanan tubuh lemah maka akan menghambat kinerja kita saat melakukan kegiatan ini.

Untuk itu cek kesehatan anda, bila di rasa sedang kurang baik mending urungkan keniatan anda untuk melakukan Rafting, dan menunggu kemudian hari ketika sudah sehat atau sudah bisa untuk di ajak bersenang – senang di kegiatan tersebut.

4. Panik

Panik merupakan musuh yang begitu berat, di usahakan hilangkan semua yang berhubungan kepanikan. Pada intinya kepanikan saat melakukan rafting sangat beresiko, di mana bisa menyebabkan kematian.

Kasus contoh ketika anda terjatuh dari perahu dan anda panik, walaupun anda bisa berenang, dan anda mengunakan perlengkapan arung jeram yang lengkap, anda bisa saja celaka.

Sebab sikologis seorang yang sedang panik ketika di air akan cenderung mempengaruhi kesetabilan daya apung di air, akibatnya tidak bisa mengendalikan tubuh dan akhiirnya bisa terbawa arus, terobang ambing di arus sungai.

5. Menggunakan Guide Operator

menggunakan Guide operator rafting sangatlah penting dalam hal ini, terkeculi anda sudah profesional atau anda sudah mendarah daging dengan arung jeram.

Dalam hal ini terkhusus untuk wisatawan umum, jadi jika anda hendak melakukan rafting, silahkan anda cari guide operator rafting yang terpercaya, karena tanpa Guide dengan kemampuan anda yang sederhana maka sangat tidak di recomendasikan untuk melakukan rafting.

Peran Guide selain memberi pengetahuan tentang wisata rafting, disini guide rafting juga menjaga keamanan serta menyetir perahu yang akan anda tumpangi, bahkan menolong anda ketika anda terjatuh dari perahu.

Peralatan & Perlengkapan Arung Jeram

Ini adalah utama dari yang utama, dimana peran perlengkapan dan peralatan di sini adalah pendukung anda ketika melakukan kegiatan ini. Tanpa peralatan dan perlengkapan ini kemungkinan anda tidak akan bisa melakukan arung jeram dengan selamat dan aman.

Perlengkapan

Untuk perlengkapan kali ini mungkin ada yang memang sangat di butuhkan dan memang sangat di perlukan ketika melakukan arung jeram, namun ada juga yang memang hanya sebagai pelengkap saja.

Keperluan Pribadai

Keperluan pribadi tentu tidak jauh dengan yang di namakan Uang, uang memang sebagai alat transaksi di dunia, namun pada arung jeram anda cukup membawa seperlunya saja, yaitu untuk keperluan jajan dan oleh- oleh atau untuk keperluan ketika di ress area (Istirhat) saat melakukan arunng jeram.

Bawalah baju ganti ketika melakukan kegiatan arung jeram, bawalah sunblok untuk menjaga kulit anda agar tidak gososng. Bawalah baju lengan panjang atau manset ketika pengarungan.

jika anda menggunakan kacamata gunakan tali untuk mengikat kacaata anda agar tidak jatuh dan hanyut. Membawa kamera yang kedap air, jika anda hendak berfoto atau mengabadikan momen arung jeram, bawalah kamera yang anti air

Bawalah P3k pribadi saat melakukan arung jeram, kemungkinan jika anda memiliki riwayat yang harus memungkinkan menggunakan obat atau p3k pribdi maka bawalah.

jika anda menggunakan perhiasan baik itu gelang atau anting, sebaiknya di lepas saja dan di simpan.

Peralatan Arung Jeram

Seperti paragraf di atas, peralatan adalah pendukung utama untuk melakukan kegiatan arung jeram. Tanpa peralatan anda tidak akan bisa melakukan kegiatan arung jeram dengan aman.

Namun tenang saja jika anda menggunakan guide operator rafting maka peralatan ini sudah di siapkan oleh operator rafting, jadi anda tidak perlu membawa dari rumah.

Perahu Karet (Boat)

Perahu merupakan mobil jika di umpamakan saat melakukan perjalanan. Perahu karet, biasanya di isi oleh 4-10 orang dewasa normalnya.

Perahu memiliki dua jenis yang biasa di gunakan yaitu Non Self Bailing, dimana boat atau perahu jenis ini tidak memiliki lubang ( Pembuangan air) sehingga di sediakan alat untuk membuang air secara manual. Selanjutnya Self Bailing di lengkapi dengan lubang pembuangan air.

Pelampung ( Life Jacket)

Pelampung merupakan perlengkapan utama yang harus di gunakan setiap personil dalam setiap regu. Pelampung atau life Jacket ini berfugsi agar pengguna tetap terapung ketika berada di permukaan air, selain fungsi utama sebagai alat pengapung tubuh.

Pelampung juga berfungsi sebagai keamanan tubuh, di mana pelampung juga membantu mengamankan badan atau kepala jika berbenturan dengan batu.

Pelindung Kepala ( Hlem)

helm merupakan pelindung kepala yang dapat menjaga keamanan kepala saat anda terjatuh dari perahu dan kepala terbentur oleh batu, jadi helm juga merupakan peralatan yang tidak boleh untuk tidak di gunakan saat melakukan arung jeram.

Dayung ( Paddle)

Dayung merupakan alat untuk mengatur laju perahu, dayung juga mengatur manuver(arah perahu) ketika perahu harus belok, mundur, kesamping atau melaju. Dayung sendiri ada yang terbuat dari kayu, fiber, plastik dan alumunium dan biasanya panjang dayung sekitar 150-170 cm.

Tas Kedap Air ( Dray Bag)

Tas pada umumnya memang sebagai wadah atau tempat untuk membawa sesuatu, nah pada arung jeram, dray bag di fungsikan sebagaimana metinya, namun kelebihannya, dray bag tidak tembus air(Anti air).

Jadi semua barang yang di masukan ke dry bag kemungkinan besar tidak akan basah, namun beda halnya jika ada faktor lain. Biasanya untuk membawa kebutuhan yang tidak boleh basah, seperti P3K, Logistik(makanan), Kamera dan lain-lain.

Tali Tampar/Tali Lempar (Trowing Bag)

Trowing bag adaah alat penyelamat ketika ada anggota tim atau menyelamatkan seseorang yang terjatuh dari perahu.

Trowing bag terdiri dari tag(Bag) dan tali, penggunaan trowing bag yaitu dengan cara di lemparkan ke arah seseorang yang sedang terjatuh dari perahu. Trowing bag pada umumnya memiliki panjang tali 15-25 Meter, namun juga di sesuaikan dengan kebutuhan.

Pompa Perahu (Pump)

Perahu karet pada umumnya berisi angin, jadi pompa tersebut berfungsi untuk memompa perahu. Walaupun sudah di pompa, pompa tetap harus di bawa, guna untuk jaga-jaga saat pengarungan. Cara pemaakaian pompa juga ada yang di injak dan ada yang di pompa seperti layaknya pompa sepeda.

Peluit

Mungkin banyak yang menghiraukan peralatan yang satu ini, padahal peluit juga berperan penting saat melakukan kegiatan arung jeram. Pada dasarnya sungai untuk arung jeram memiliki kriteria dan karakter sendiri-sendiri, sehingga arus yang di hasilkan dapat bersuara ramai atau beriak

Jadi ketika seseorang berbicara pada saat pengarungan, maka akan kalah dengan suara arus, all hasil suara seseorang tersebut tidak terdengar, makanya di haruskan menggunakan peluit, arar bisa memberi kode atau aba-aba saat melakukan arung jeram.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk menjadi mungkin, kita manusia hanya bisa memahami dan mengantisipasi, semua artikel di atas hanya sebagai persiapan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kita inginkan.

Semoga bermanfaat dan berguna, jika ada salah penulisan kata atau kalimat atau ada yang mau penambahan silahkan berkomentar di bawah..

Sedikit kata Dari Retter Adventure Jika anda membutuhkan Perlengkapan watersports terutama Peralatan arung jeram Kami Retter Adventure adalah produsen peralatan watersports yang kami produksi sendiri.

Kami siap membantu anda dan berusaha memenuhi kebutuhan anda, kami juga sudah menyelesaikan banya Permintaan kebutuhan dari customer kami.

Produk Utama kami yang kami produksi adalah Pelampung (Life Jacket), Perahu Canoe, Peralatan Rafting, Peralatan Tubing, dan Peralatan Watersports lainnya.

Jika anda hendak Memesan Produk Kami dengan cara Cutom juga bisa, contoh : Penambahan logo, Nama, Warna, dan Bentuk sesuai kebutuhan anda.

Silahkan hubungi Marketing Kami : 082307755033 (wa/sms/telp)

Klik Gambar whatsapp di bawah ini untuk menghubungi kami

Terimakasih,

Salam Admin Retter Adventure.

Tag ,,,,,

Jika ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan catatan komentar di sini

%d blogger menyukai ini: